Sabtu, 10 Mei 2008

Visit Indonesia Year 2008, Wisata Demonstrasi

The thought risen as I watch the news on TV tentang mayday yang diperingati setiap tanggal 1 May di seluruh dunia.

Dalam salah satu tayangan di stasiun TV berita swasta, diberitakan salah seorang peserta unjuk rasa yang ditangkap adalah seorang berkebangsaan Polandia.. Hm.. tadi pas ngeliat di tv dih tampangnya rada kucel.. mungkin kelamaan berjemur terik matahari…..maybe namanya jg demo.

Flashback… aq keinget sebuah pertanyaan yang pernah dilontarkan oleh seorang teman dari Africa, ‘Ven, apa yang menarik di Indonesia? Kalo aq main ke sana bisa ngapaian aja?’ kurang lebih seperti itulah yang dia tanyakan. It took me a while sebelum akhirnya tak jawab.. ‘Indonesia… menarik.. adventurous..’ (with an attitude.. raised eyebrows...pandangan tidak meyakinkan) Cuma dua kata itu yang terucap. Terus terang saat itu aq bingung… bagaimana mendeskripsikan Indonesia. In my personal opinion, Indonesia ini adalah contoh negara yang salah management. Regardless the fact that kita punya sumber daya alam yang.. wew... fantastis dan God (and we) know how beautiful those islands are.. Para penguasa berlomba-lomba meraup kekayaan alam, mengatasnamakan demi kesejahteraan rakyat, membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar.. I say BULLSHIT..!!

Eniwei, kembali lagi ke topik utama... Visit Indonesia Year 2008 yang dicanangkan pemerintah untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan (I think international tourist.. since it says ‘Visit Indonesia’, not ‘Visit Palembang’ for instance). Sekedar memenuhi rasa keingintahuan saja, adakah yang berpikiran sama? Bahwa Indonesia tidak hanya menawarkan keindahan alamnya untuk menarik hati para wisatawan, namun juga telah menjadi destinasi bagi para demonstran.

.........ilustrasi pamflet yang disebar pemerintah untuk mempromosikan turisme Indonesia.......

Never been chased by the law enforcement officers?? Trying to speak out but no body listening? Or even worse.. They shut you down..!!

Come and Visit our country.... We guarantee adrenalin rush and a lifetime experience..!

Terlepas dari apakah pemerintah itu benar2 mendengarkan suara rakyat, satu hal yang pasti dapat dilakukan pemerintah dalam mengusung Visit Indonesia Year 2008, pemerintah mbo’ ya jeli melihat peluang ini sebagai salah satu cara mempromosikan wisata Indonesia... Wisata Demonstrasi..!! Ya tho...??!?!? (actually ini sarkastic)

Don’t get me wrong, I love my country..

And I believe the people deserve more than just being slaves in their own mother land.

Tidak ada komentar: